Legenda NBA Tolak Gagasan Pensiunkan Nomor Kobe Bryant di Seluruh Tim, Mengapa?

Senin, 29 Agustus 2022 13:40 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© Stephen Dunn/Getty Images
Gilbert Arenas berusaha menghalau aksi Kobe Bryant Copyright: © Stephen Dunn/Getty Images
Gilbert Arenas berusaha menghalau aksi Kobe Bryant

INDOSPORT.COM – Legenda NBA, Julius Erving, tolak ide pensiunkan nomor 24 milik Kobe Bryant di seluruh tim layaknya Bill Russell.

Seperti yang diketahui, Kobe Bryant adalah monster selama dirinya bermain di kompetisi paling bergengsi sedunia, NBA.

Bagaimana tidak? Bersama Los Angeles Lakers, Kobe Bryant banyak menorehkan prestasi yang gemilang selama bermain basket di NBA.

Black Mamba, julukan yang disematkan pada Kobe Bryant, turut dianggap sebagai salah satu pebasket terbaik sepanjang masa. Ia memenangkan lima gelar NBA selama karier profesionalnya.

Tak seorang pun pebasket yang masih aktif bermain saat ini, seperti Stephen Curry, Klay Thompson, Draymond Green, dan LeBron James bisa menyamai perolehannya.

Ia juga 18 kali terpilih untuk masuk di NBA All-Star yang mana ia meraih empat penghargaan All-Star Game MVP selama kariernya itu.

20 musim berseragam LA Lakers, mantan Shooting Guard LA Lakers tersebut menduduki peringkat keempat pada daftar pencetak skor musim reguler terbanyak sepanjang masa dan keempat pada daftar pencetak skor play-off terbanyak sepanjang masa.

Prestasinya di lapangan juga tak main-main, pria berusia 41 tahun itu pernah mencetak 81 poin hanya dalam satu pertandingan pada tahun 2006 yang mana ia bertengger di posisi kedua sebagai pencetak poin terbanyak NBA dalam satu game di belakang Wilt Chamberlain (100 poin).

Namun, sayangnya kejadian nahas menimpa Kobe Bryant dan putrinya pada 26 Januari 2020 lalu yang mana ia mengalami kecelakaan helikopter di Calabasas, California.

Sejumlah tribut dan memorial kemudian diberikan, termasuk mengganti Penghargaan All-Star MVP untuk menghormatinya. Bahkan, ia dimasukkan ke NBA Hall of Fame pada tahun itu juga.

Kendati prestasinya begitu gemilang, Julius Erving menolak ide untuk mempensiunkan nomor 24 untuk seluruh tim NBA. Lantas mengapa demikian?