Bola Internasional

Piala AFF U-16: Kiper Timnas U-16 Nyaris Blunder, Bima Sakti Mau Daftarkan Markus Horison

Senin, 1 Agustus 2022 16:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Laga Timnas Indonesia U-16 melawan Filipina U-16. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Laga Timnas Indonesia U-16 melawan Filipina U-16.

INDOSPORT.COM - Kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir masih belum mencapai performa terbaiknya di Piala AFF U-16 2022. Begini kata sang pelatih, Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-16 memang sukses meraih kemenangan perdana saat jumpa Filipina di Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/22).

Pertandingan ini berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan skuat Garuda, lewat gol bunuh diri penggawa Filipina, yakni Jared Pena (4'), dan gol milik Arkhan Putra (38').

Naas, ada satu gerakan dari kiper Andrika Fathir yang membuat bola nyaris masuk ke gawang sendiri, saat menghalau serangan dari skuat Filipina di Piala AFF U-16 2022.

Menyikapi hal ini, pelatih Bima Sakti masih maklum, karena sejatinya Andrika Fathir bukanlah kiper utama di Timnas U-16.

Faktanya, Timnas Indonesia U-16 sempat mengalami krisis kiper, mulai dari cedera, sakit, hingga akhirnya didatangkan Andrika dalam pemusatan latihan di pekan terakhir.

"Untuk kiper, kita memang ada sedikit dapat ujian. Kiper ada empat, dan tiga yang kami daftarkan," ungkap Bima Sakti usai laga.

"Satu, Ikram AlGiffari itu cacar air, jadi dia kan termasuk kiper utama juga. Kemudian, Andrika Fathir ini baru, satu lagi kiper itu (Andhika) sempat cedera," jelas Bima.

Beruntung, Andrika Fathir tidak kebobolan dan bisa menambah rasa percaya dirinya di Piala AFF U-16 2022. Sebab, secara head to head, Indonesia jelas unggul atas Filipina.

Namun, setelah ini ia akan menghadapi ujian yang sesungguhnya, yakni melawan Singapura (3/8/22) dan Vietnam (6/8/22).