Liga Italia

Bawa Tim Kecil ke Papan Atas Liga Italia, Pelatih Kacangan Ini Geser Allegri di Juventus?

Selasa, 20 September 2022 15:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Massimo Pinca
Sukses Andrea Sottil bersama Udinese sejauh ini di Liga Italia 2022/2023 mungkin sudah pantas membuat Juventus menjadukannya pengganti Massimiliano Allegri. Foto: REUTERS/Massimo Pinca Copyright: © REUTERS/Massimo Pinca
Sukses Andrea Sottil bersama Udinese sejauh ini di Liga Italia 2022/2023 mungkin sudah pantas membuat Juventus menjadukannya pengganti Massimiliano Allegri. Foto: REUTERS/Massimo Pinca

INDOSPORT.COM - Juventus saat ini dikabarkan tengah mencari pelatih baru yang pantas untuk menggantikan Massimiliano Allegri yang belum juga bisa menunjukkan kinerja apik di Liga Italia (Serie A).

Jika ingin berjudi, manajemen bisa melirik Andrea Sottil yang saat ini tengah memukau sepak bola Negeri Pizza bersama Udinese.

Sottil adalah salah satu kejutan luar biasa di Liga Italia 2022/2023. Jika ia memang punya reputasi besar, suksesnya membuat Udinese bertengger di tiga besar klasemen sementara setelah tujuh pekan tidak akan terlalu menggegerkan.

Manajer muda berusia 48 tahun tersebut rupanya baru pada musim ini menjalani debut sebagai juru taktik di kasta teratas Italia. Sebelumnya ia lebih sering berkutat di Serie C dan bahkan sempat semusim berkiprah di Serie D.

Maka dari itu banyak yang heran kenapa Sottil bisa cepat beradaptasi di Udinese dan Serie A. Skuat I Zebrette yang berlari kencang saat ini bahkan tidak dihuni pemain dengan status bintang.

Meski mengalami kekalahan 4-2 dari AC Milan di giornata pembuka yang kemudian disusul hasil imbang tanpa gol kontra Salernitana,  Udinese cepat bangkit.

Termasuk saat mengalahkan AS Roma (4-0) dan Inter Milan (3-1), kini publik Friuli belum pernah lagi merayakan hasil selain kemenangan dalam lima pekan terakhir.

Kejeniusan taktik Andrea Sottil bukan omong kosong belaka. Ia sukses mempoles permainan Gerard Deulofeu yang sejak musim lalu memang sudah oke dan membuat sang pemain versatile tersebut menyaingi Lionel Messi.

Berkat 5 assist yang sudah ia kumpulkan sejauh ini, Duelofeu hanya kalah dari Messi dalam statistik Expected Threat (xT) yang mencakup lima liga top Eropa.

Inilah kenapa Juventus sebaiknya memperhitungkan Sottil sebagai calon suksesor Allegri. Meski hanya pernah menukangi tim-tim liliput namun ia punya potensi besar untuk menjadi pelatih sukses di Liga Italia.