In-depth

5 Laga Terakhir Curacao Sebelum Melawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday, Banyak Menderita

Rabu, 21 September 2022 14:40 WIB
Editor: Juni Adi
© The Bent Musket
Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket Copyright: © The Bent Musket
Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket

INDOSPORT.COM - Calon lawan Timnas Indonesia di laga uji coba resmi FIFA, Curacao, ternyata tengah dalam performa yang buruk dilihat dari lima laga terakhirnya.

Timnas Indonesia tengah bersiap untuk melakoni pertandigan uji coba agenda resmi FIFA atau FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022 mendatang.

Adapun, Curacao merupakan negara yang secara wilayah berdekatan dengan Kepulauan Karibia. Mereka masuk Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF). 

Meski namanya begitu asing bagi publik Tanah Air, tapi ternyata sepak bola negara mereka cukup kuat. Hal itu dibuktikan dengan ranking FIFA menempati posisi ke84.

Sedangkan Timnas Indonesia berada di peringkat ke-155 pada ranking FIFA edisi terakhir 25 Agustus 2022 lalu.

Untuk pertandingan pertama Timnas Indonesia vs Curacao akan digelar pada 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Lalu pertandingan kedua akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, pada 27 September 2022. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga sudah memanggil 23 pemain untuk bergabung.

enam di antaranya berkiprah di luar negeri. Akan tetapi untuk pertandingan kali ini dua pemain calon naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat belum bisa ikut bergabung.

Sebab proses naturalisasinya hingga saat ini masih belum rampung. Sementara itu untuk enam pemain yang berkarier di luar negeri ada Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners).

Elkan Baggott (Gillingham FC), Egy Maulana Vikri (FC Vion Zlate Moravce), Saddil Ramdani (Sabah FC), Witan Sulaeman (AS Trencin), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy).

Para pemain yang masuk dalam skuat Timnas Indonesia senior untuk laga melawan Curacao, nantinya akan menjalani pemusatan latihan lima hari sebelum agenda dimulai.

"Sebanyak 23 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil merupakan pilihan dari pelatih Shin Tae-yong," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, disadur dari laman PSSI.

"Direncanakan para pemain akan berkumpul pada Senin (19/9) mendatang di Bandung,” lanjutnya.

Meski memiliki perbedaan kualitas jika dilihat dari ranking kedua tim, tetapi Timnas Indonesia mempunyai kans untuk menang jauh lebih besar.

Hal itu merujuk dari performa Curacao yang tengah dalam tren negatif. Berikut rangkuman 5 pertandingan terakhir mereka sebelum melawan Timnas Indonesia.