Liga Indonesia

Sidik Saimima Jalani Operasi, Stok Gelandang Bali United Berkurang Lagi

Rabu, 21 September 2022 10:16 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Muhammad Sidik Saimima saat berpose dengan replika piala juara Liga 1 di Bali United Megastore. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Muhammad Sidik Saimima saat berpose dengan replika piala juara Liga 1 di Bali United Megastore. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Bali United memastikan Muhammad Sidik Saimima akan absen pada putaran pertama Liga 1 2022/2023. Penyembuhan cedera pasca operasi meniscus bagian luar butuh waktu paling cepat tiga bulan.

Saimima mengalami cedera sejak awal masa persiapan musim ini. Ia bermasalah saat tim baru proses pembentukan fisik. Cedera itu yang membuatnya absen dari Piala AFC 2022 hingga pekan kesepuluh Liga 1 2022/2023.

Berbagai program penyembuhan cedera sempat dijalani Saimima. Namun begitu, dalam perkembangannya Saimima memutuskan untuk naik ke meja operasi.

Operasi sudah dilakukan pada bulan ini. Dokter tim Bali United dr. Ganda Putra memastikan level cedera yang dialami Saimima berbeda dengan I Kadek Agung Widnyana Putra ataupun Gunawan Dwi Cahyo.

Kadek Agung dan Gunawan butuh proses lama karena cedera lututnya termasuk tahap parah. Sementara Saimima hanya ada robekan pada meniscus.

"Untuk Saimima recovery-nya lebih cepat, karena kasus cederanya berbeda dengan Kadek Agung dan Gunawan. Saimima hanya ada robekan pada meniscus. Semua ligamennya tidak ada masalah," ucap dr. Ganda Putra, Selasa (20/9/22) malam.

Lebih lanjut, Ganda Putra menjelaskan bahwa robekan pada meniscus Saimima itu terjadi pada bagian luar. Ia menyebut tahapan Saimima naik ke meja operasi membutuhkan waktu tak sebentar.

"Untuk sampai ke tahap naik meja operasi itu tidak mudah, terutama untuk atletnya. Atlet butuh mental dan keyakinan yang kuat sebelum memutuskan untuk operasi. Mungkin saat ini adalah waktu yang tepat bagi Saimima melakukan operasi," tutur Ganda Putra.

Operasi bagian lutut Gunawan Dwi Cahyo membuatnya absen sepanjang Liga 1 2021/2022. Hal sama juga berpotensi terjadi pada I Kadek Agung Widnyana Putra.

Namun untuk Saimima, eks gelandang PSS Sleman ini diharapkan bisa tampil pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. Bali United akan kerja keras agar masa recovery berjalan cepat.