In-depth

Sepak Terjang 5 Negara Asia di Piala Dunia, Termasuk Indonesia Tempo Dulu

Kamis, 29 September 2022 20:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Melihat sepak terjang sejumlah negara Asia di Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Melihat sepak terjang sejumlah negara Asia di Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSOPORT.COM - Sejumlah negara Asia dipastikan berpartisipasi di gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, seperti sang tuan rumah, Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi.

Namun jauh sebelum edisi tahun ini, hajatan Piala Dunia sudah pernah diikuti banyak negara Benua Kuning termasuk Indonesia.

Kini, jelang perhelatan di Qatar, mari mengingat sejenak sepak terjang negara-negara asal Asia yang pernah berpartisipasi di Piala Dunia sepanjang sejarah.

Dari sekian negara tersebut, berikut ada lima yang akan dibahas di artikel ini. Salah satunya Indonesia tempo dulu yang masih bernama Hindia-Belanda.

Korea Selatan

Mari mulai dari negara Asia yang paling banyak tampil di Piala Dunia. Sejauh ini, Korea Selatan sudah 11 kali berpartisipasi di kompetisi akbar empat tahunan tersebut.

Dari 11 penampilan itu, hasil terbaik yang mereka peroleh adalah peringkat empat di edisi 2002 silam, saat menjadi tuan rumah bersama sang tetangga, Jepang.

Raihan tersebut pun membawa euforia yang luar biasa bagi publik Negeri Ginseng. Apalagi, setelah Park Ji-sung dkk berhasil menumbangkan Spanyol dengan dramatis di perempat final.

Skor sama kuat 0-0 yang tetap bergeming sampai extra time berakhir, membuat kedua tim melangkah ke babak adu penalti.

Ganas! Lima eksekutor Timnas Korea Selatan termasuk Park Ji-sung berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Tiket ke semifinal Piala Dunia 2002 pun berhasil mereka raih setelah unggul 5-3 atas Spanyol, yang kehilangan momen saat Joaquin gagal mengeksekusi bola ke gawang Korea Selatan dengan sempurna.