Liga Europa

Rekap Tim 24 besar Liga Europa: Man United dan Barcelona Perang Bintang! Ajang Sebelah Kalah Seru?

Jumat, 4 November 2022 13:58 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Yiannis Kourtoglou
Fase grup Liga Europa 2022/2023 akhirnya rampung juga dan dipastikan tingkat keseruan ajang ini akan meningkat tajam di babak berikutnya. (Foto: REUTERS/Yiannis Kourtoglou) Copyright: © REUTERS/Yiannis Kourtoglou
Fase grup Liga Europa 2022/2023 akhirnya rampung juga dan dipastikan tingkat keseruan ajang ini akan meningkat tajam di babak berikutnya. (Foto: REUTERS/Yiannis Kourtoglou)

INDOSPORT.COM - Fase grup Liga Europa 2022/2023 akhirnya rampung juga dan dipastikan tingkat keseruan ajang ini akan meningkat tajam di babak berikutnya.

Keberadaan Manchester United, AS Roma, PSV Eindhoven bersama dengan tim 'pengungsi' dari Liga Champions seperti Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Juventus bakal membuat daya tarik kompetisi kasta kedua ini sudah tinggi sejak play-off babak knock-out.

Sejak diperkenalkan pada musim 2021/2022 lalu, sistem play-off menuju 16 besar yang menggantikan format 32 besar memang sudah banyak membawa perubahan drastis.

Akan ada lebih banyak partai bertajuk big match sejak fase gugur dimulai seperti yang terjadi pada musim lalu saat Barcelona menghadapi Napoli atau FC Porto jumpa Lazio.

Kini potensinya lebih liar lagi mengingat Manchester United bisa saja bersua salah satu dari Barcelona, Juventus, Ajax, atau Bayer Leverkusen.

United harus melalui play-off setelah gagal menjadi juara Grup E yang mana titel tersebut disambar oleh Real Sociedad.

The Red Devils tidak sanggup menyamai raihan rival mereka asal Inggris, Arsenal, yang dengan mudah merajai Grup A dan membiarkan PSV menempati posisi runner-up.

Di kumpulan lain, bisa dibilang tidak banyak terjadi kejutan karena tim-tim yang lolos masih sesuai dengan prediksi publik sebelumnya.

Contohnya saja Fenerbahce dan Rennes (Grup B), Real Betis dan AS Roma (Grup C), atau SC Freiburg dan Nantes (Grup G). Hal yang tidak terduga mungkin hanya Ferencvaros yang notabene tidak punya nama bisa menjadi juara Grup H meski bersaing dengan AS Monaco, Trabzonspor, dan Red Star Belgrade.

Atau bagaimana Union Berlin dapat lolos dari fase grup meski tim asal Jerman itu baru musim ini debut di Liga Europa dan hingga tiga tahun lalu masih berkompetisi di kasta kedua negaranya.