Piala Dunia 2022

Pecah Rekor Lagi, Catatan Gemilang Lionel Messi saat Bawa Argentina Bungkam Belanda

Sabtu, 10 Desember 2022 15:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Lionel Messi lagi-lagi mencatatkan rekor saat tampil gemilang di laga perempat final Piala Dunia 2022 Argentina vs Belanda. Copyright: © Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Lionel Messi lagi-lagi mencatatkan rekor saat tampil gemilang di laga perempat final Piala Dunia 2022 Argentina vs Belanda.

INDOSPORT.COM – Lionel Messi lagi-lagi mencatatkan rekor saat tampil gemilang di laga perempat final Piala Dunia 2022 Argentina vs Belanda.

Dalam duel tersebut, megabintang Argentina ini berhasil mencetak satu gol serta satu assist dan membawa timnya lolos menyingkirkan Belanda serta berhak melaju ke semifinal Piala Dunia 2022.

Permainan gemilang Messi terlihat sejak laga paruh pertama kala dirinya menciptakan assist bagi gol pertama Argentina ke gawang Belanda lewat gol Nahuel Molina di menit ke-35.

Kemudian pemain berusia 35 tahun ini mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-73 lewat titik putih yang membuat Argentina unggul 2-0 atas Belanda.

Di menit-menit terakhir saat Argentina hampir lolos ke semifinal Piala Dunia 2022, Belanda mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat Wout Weghorst di menit ke-83 dan 90+11.

Dua gol penyerang Belanda itu memaksa Messi dan Argentina memainkan babak Extra Time. Sayangnya di babak ini, kedua tim gagal menciptaka gol tambahan.

Alhasil laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak ini, Messi dan tiga eksekutor Argentina lainnya mampu menuntaskan tugasnya.

Sedangkan dua eksekutor Belanda, yakni Virgil van Dijk dan Steven Berghuis gagal menuntaskan tugasnya sehingga tiket semifinal Piala Dunia 2022 menjadi milik Argentina.

Keberhasilan mengalahkan Belanda dan mengantarkan Argentina ke semifinal Piala Dunia 2022 ini membuat Lionel Messi menciptakan sederet rekor. Apa saja rekor tersebut?

1. Top Skor Argentina di Piala Dunia

Berkat satu golnya ke gawang Belanda di perempatfinal Piala Dunia 2022, Lionel Messi sah menjadi top skor Argentina di event empat tahunan ini.

Golnya ke gawang Belanda itu menjadi gol ke-10 pemain berjuluk La Pulga itu di Piala Dunia, menyamai top skor Argentina di ajang ini, yakni Gabriel Batistuta.

© REUTERS-Paul Childs
Nahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs Copyright: REUTERS-Paul ChildsNahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Dengan adanya dua laga tersisa di Piala Dunia 2022 ini, Messi berpotensi menambah pundi-pundi golnya dan menjadi top skor sepanjang masa Argentina di ajang ini.

2. Pencetak Assist Terbanyak di Babak Gugur Piala Dunia

Selain mencetak gol, Lionel Messi juga mencetak assist di laga Argentina vs Belanda. Assistnya di laga tersebut membuatnta menjadi pencetak assist terbanyak di fase gugur Piala Dunia.

Dilansir dari Opta, Messi telah mencetak lima assist di fase gugur Piala Dunia sejak debutnya di ajang ini pada 2006 silam.

Torehan itu melewati rekor assist di fase gugur Piala Dunia yang dimiliki legenda Brasil, Pele, dengan catatan empat assit.

3. Lewati Rekor Gol Cristiano Ronaldo

Satu golnya ke gawang Belanda di perempatfinal Piala Dunia 2022 membuat Lionel Messi juga melampaui rekor gol rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Berkat golnya ke gawang Belanda, Messi tercatat telah menciptakan 23 gol di turnamen mayor, dengan rincian 10 gol di Piala Dunia dan 13 gol di Copa America.

Sedangkan Cristiano Ronaldo tepat berada di belakang Messi dengan 22 gol yang masing-masing dicetak di Piala Dunia dengan delapan gol dan 14 gol di Euro.

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.